Powered by Blogger.

Monday 9 September 2013

Pengertian Pemrograman Web

Pemrograman web diambil dari 2 suku kata yaitu pemrograman dan web.
Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program (secara bahasa indonesia).
Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. (http://www.artikata.com/arti-201588-web.php).
Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW .

WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP). Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/dilihat/diterjemahkan dengan Internet Browser . Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video dan animasi. Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada lanyanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, ini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi binsin (commerce) (Betha Sidik,Ir, Pemrograman web dengan HTML, Informatika Bandung, 2005) Banyak keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi berbasis Web dari pada aplikasi berbasis destop, sehingga aplikasi berbasis web telah diadopsi oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya, karena beberapa alasan :
Akses informasi mudah,
Setup server lebih mudah
Informasi mudah didistribusikan
Bebas platform,
informasi dapat di sajikan oleh browser web pada sistem operasi mana saja karena adanya standar dokumen berbagai tipe data dapat disajikan

Cara kerja pemrograman web

Sebelum menjelaskan cara kerja pemrograman web, sebaiknya anda mengetahui tentang HTML bahwa HTML bukan bahasa pemrograman tapi adalah markup language (bahasa penandaan yang terdiri dari TAG). HTML hanya mendeskripsikan bahwa bagian tertentu dalam sebuah halaman web adalah isi yang harus ditampilkan oleh browser dengan cara tertentu.
Bagaimana cara kerja pemrograman web? Secara sederhana pemrograman web hanya dilakukan dengan menyisipkan perintah diantara TAG HTML. Misal :
<html>
<head>
<title>Contoh</title>
</head>
<body>
<?php
   echo date("d/m/Y");
?>
</body>
</html> 
Pada saat kita mengakses halaman tersebut, web server langsung merespon apa yang kita minta dengan melakukan proses parsing (membaca isi halaman baris perbaris) dan jika menemukan baris perintah bahasa pemrograman maka web server akan mengeksekusi/menjalankan perintah tersebut dan setelah semua selesai baru akan mengirimkannya ke browser. Contoh diatas web server akan mengirimkan hasil eksekusi baris perintah echo date("d/m/Y") dalam bentuk tanggal dinamis yang diangap sebagai bagian dari HTML yang bersifat statis.

Apa yang dapat dilakukan dengan pemrograman web

  1. Pemrograman web memungkinkan kita dapat membuat halaman web yang dinamis dengan perintah-perintah yang cukup sederhana tapi dapat menghasilkan informasi yang beragam.
  2. Pemrograman web dapat melakukan interaksi sehingga pengguna dapat memperoleh informasi yang sesuai/relevan seperti pencarian, pengiriman data dll.
  3. Pemrograman web dapat dihubungkan dengan berbagai macam basis data/database seperti mysql, oracle, sql server dll

Bahasa pemrograman apa saja yang dapat digunakan untuk pemrograman web

Bisa dikatakan hampir semua bahasa pemrograman dapat digunakan untuk pemrograman web asalkan bahasa pemrograman tersebut bisa bekerja dalam web server dan dapat menciptakan HTML, XHTML, CSS, JavaScript, dan XML. Beberapa bahasa pemrograman web yang populer diantaranya yaitu : PHP, ASP.NET, Ruby on Rails, Perl, ASP classic, Python, danJSP.


Sumber : http://mimapalupi93.wordpress.com/2013/03/13/pengertian-pemrograman-web/ 
http://www.zainalhakim.web.id/posting/apa-itu-pemrograman-web.html

15 comments:

  1. artikel yang cukup bagus


    http://cbs-bogor.net/

    ReplyDelete
  2. artikel yang bagus...

    visit:

    situs belajar pemrograman web http://www.onphpid.com

    ReplyDelete
  3. thaks komentaranya teman,..
    sering" berkunjung di blog kami

    ReplyDelete
  4. Post yang bagus, berkunjung juga gan ke Sinau Coding http://sinaucodingan.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. Bagus membantu. Coba lihat yg ini jga .http//pengenalandasarpemogramanwebsite.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. sangat bermanfaat dan membantu perkembangan

    ReplyDelete
  7. wah...bagus banget tu informasinya......

    salam lauwba.com
    https://lauwba.com

    ReplyDelete
  8. Artikel ini sangat membantu sekali untuk saya yang lagi belajar ( pemula )tentang pemograman web. Penjelasannya detail dan bagaimana cara kerja pemograman web
    Kunjungi website kampus saya ya http://www.atmaluhur.ac.id
    dan website saya https://astutiernawati.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  9. wow.. mantep kak isi artikelnya, ringkas dan mudah dipahami untuk pemula seperti saya. terimakasih ya kak

    yuk kunjungi website kampus saya :
    http://www.atmaluhur.ac.id

    dan website saya :
    http://ninabella.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  10. Hai kak, terimakasih kak untuk artikel ini. artikel ini sangat membantu saya dalam memahami mengenai Pemrograman Web. oh ya kak, perkenalkan nama saya Nina Bella dan jangan lupa kunjungi website kampus saya ISB Atma Luhur

    ReplyDelete